Jumat, 20 Oktober 2017

5 Kebiasaan Pengguna Smartphone Android ini Dapat Memperpendek Usia

Hargahandphone.org - Sebagai salah satu operating system yang paling banyak digunakan berbagai merk-merk smartphone, android menawarkan fitur-fitur canggihnya yang senantiasa memudahkan para penggunannya. Para pengguna biasanya hanya memperhatikan fitur-fiturnya saja tanpa memhamai betul ada beberapa kesalahan yang seharusnya dihindari.

Beberapa kesalahan tersebut nampaknya kini sudah menjadi kebiasaan pengguna android yang tanpa disadari dapat merusak dan memperpendek usia pakai smartphone meraka. nah, kebiasaan seperti apa sajakah itu? Simak baik-baik ya.

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari dalam Penggunaan Handphone


1. Nge-charge daya ponsel setelah smartphone android benar-benar mati bikin baterai nggak awet


Usia pakai baterai akan sangat berepengaruh dengan gaya pengisian yang dilakukan. Menurut sebuah penelitian, nge-charge baterai setelah dayanya benar-benar habis sama sekali bisa bikin beterai smartphoe Anda cepat rusak. Begitu juga sebaliknya jika Anda terlalu sering nge-charge baterai ketika isinya masih lumayan penuh. Jika kebiasan ini terus dilakukan, jangan kecewa ya jika nantinya mengalami kerusakan baterai lebih dini. 

Nge-charge daya ponsel setelah smartphone android benar-benar mati bikin baterai nggak awet

Nge-cahrge baterai smartphone sebaiknya ketika daya baterai tersisa 30 hingga 20 persen. Selama nge-charge pun lebih baik Anda mendiamkannya, tidak sambil menggunakan untuk aktivitas tertentu.

2. Update atau upgrade Android buru-buru


Ketika ada update atau upgrade-an baru, biasanya kebanyakan pengguna android akan segera melakuakannya dengan tujuan mendapatkan fitur-fitur barunya. Nah, tujuannya kan bagus tapi kok kenapa justru bisa jadi kesalahan pengguna android? Alasannya adalah biasanya update-an baru memungkinkan masih terdapat sedikit kecacatan, yang kecacatan tersebut biasanya baru akan diperbaiki setelah beberapa minggu kemudian setelah di-update. Untuk itu, sebaiknya jangan buru-buru untuk update OS (Operating system) smartphone Anda, tunggu beberapa waktu untuk meng-update-nya.

3. Asal install aplikasi


Kebiasaan yang satu ini bisa jadi menjadi kebiasaan yang paling sering diabaikan para pengguna smartphone android. Asal install aplikasi, terutama aplikasi yang sumbernya tidak jelas. Aplikasi teraman yang bisa di-install di smartphone android adalah yang berasal dari Play Store. 

Asal install aplikasi

Apabila Anda meng-install aplikasi di luar Play Store, ada kemungkinan smartphoe Anda terserang virus atau bahkan spyware. Bisa-bisa nantinya smartphone Anda tiba-tiba dijalankan oleh sesuatu yang tidak Anda mengerti. Selain berbahaya bagi masa hidup smartphone, hal itu juga bisa membahayakan data-data rahasia Anda. 

4. Asal nge-root android


Jaman sekarang istilah nge-root android mungkin sudah jamak terjadi dengan berbagai tujuan yang menguntungkan bagi pengguna nya. Dengan melakukan root, hal-hal yang seharusnya tidak bisa dilakukan smartphone standar (belum rott) kini bisa dilakukan seperti merubah font atau nge-cheat ketika main game. 

Teknik rooting ini memerlukan keahlian khusus dan tidak semua teknik rotting bisa berhasil. Dan buruknya lagi, ketika rooting gagal, siap-siap deh android Anda error bahkan mati total dan tidak bisa digunakan lagi. 

5. Jarang mematikan (mngistirahatkan) ponsel


Tidak ada salahnya jika sekali-kali untuk mematikan dan mengistirahatkan smartphone Anda. Logikanya sama seperti manusia, ponsel juga butuh istirahat. Dengan begitu masa hidup ponsel Anda menadji lebih lama.

Nah buat para penguna smartphone android coba cek lagi deh apakah sering melakukan hal-hal di atas. Jika iya, sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasan tersebut demi masa hidup smartphone android kesayangan Anda.

Related Posts

5 Kebiasaan Pengguna Smartphone Android ini Dapat Memperpendek Usia
4/ 5
Oleh