Kamis, 19 Oktober 2017

Fakta Menarik Tentang Baterai Smartphone yang Jarang Diketahui

Hargahandphone.org - Fakta-fakta baterai smartphone – Baterai merupakan ‘jantung’ dari sebuah smartphone. Banyak dari kita yang memiliki smartphone bisa dipakai hingga bertahun-tahun namun sayangnya baterainya sudah berganti berkali-kali. Permasalah baterai pada smartphone seakan tidak berujung, sehingga banyak yang penasaran bagaimana sistem kerja dari baterai dan bagaimana cara merawat baterai smartphone agar berumur panjang (awet).

Fakta Tentang Baterai Smartphone

Nah sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara kerja sistem baterai dan cara merawatnya, ternyata baterai smartphone memiliki fakta-fakta menarik yang penting untuk diketahui lho. Penasaran apa saja faktanya? Berikut ulasan lengkapnya.

Fakta menarik baterai smartphone


1. Baterai tidak pernah terisi penuh


Setiap kali nge-cahrge sebuah ponsel sudah pasti kita akan melakukannya hingga 100% bukan? Penampakannya sih memang betul 100%, tapi nyatanya daya baterai yang terisi hanya sampai di angaka 80% saja. 

Hal ini memang sengaja dibuat oleh produsen smartphone untuk mengatasi masalah overcaherge yang memungkinkan baterai mudah rusak bahkan meledak. 

2. Mengunduh (download) aplikasi penghemat baterai


Pengguna android sering salah kaprah dengan hal yang satu ini. Nampaknya aplikasi penghemat baterai bisa menjadi solusi untuk menghemat baterai android yang bekerja keras setiap harinya. Tapi apakah Anda yakin aplikasi ini benar-benar membantu? Nyatanya tidak begitu, aplikasi penghemat baterai tidak memiliki fungsi yang jelas karena smartphone andorid masa kini sudah mempunyai kemampuan memaksimalkan kinerja baterai secara mandiri.

3. Membuka banyak aplikasi tidak membuat baterai cepat habis


Pengguna smartphone pasti sering membuka banyak aplikasi sekaligus (multitasking) untuk memudahkan berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya tanpa harus loading lagi. Tapi sayangnya kegiatan ini sering dikeluhkan karena dapat menguras daya baterai, padahal nayatanya tidak. sistem operasi smartphone selangkah lebih maju dengan kemampuan pengelolaan baterainya sendiri. Sistem pada smartphone secara otomatis akan menutup aplikasi yang terbuka selang beberapa detik setelah kita berpindah ke aplikasi lain. 

4. Baterai atau charger KW (tiruan)


Mayoritas baterai atau caharger KW biasanya tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang sesuai standar. Charger KW seringkali memebrikan energi listrik yang berlebih sementara baterai KW kemampuan batas baterai tidak jelas diketahui. Sehingga tak jarang ujung-ujungnya bukannya baterai smartphone terisi penuh tapi malah baterai mengalami kerusakan bahkan meledak. 

5. Nge-charge ponsel sambil memainkannya membuat baterai bekerja 2x lipat


Kita dapat merawat masa hidup baterai dengan cara men-charge yang baik. Seperti mengisi daya baterai saat kondisi smartphone belum mati dengan sisa daya 20 hingga 30%, atau mematikan ponsel saat di-charge. Jikapun idak dimatikan setidaknya menghindari menggunakan ponsel yang sedang di-charge.

Sebab, ponsel akan bekerja 2x lipat pada saat kita charge dan digunakan sehingga. Jika terus dilakukan kemampuan baterai akan semakin memburuk. Selain itu, ponsel yang di-charge sambil digunakan juga membuat kabel charger mudah rusak. 

Itualah beberapa fakta seputar baterai smartphone yang jarang diketahui. Gimana, sudah paham bagaimana cara memperlakukan baterai yang baik? Semoga bermanfaat.

Related Posts

Fakta Menarik Tentang Baterai Smartphone yang Jarang Diketahui
4/ 5
Oleh