Senin, 06 November 2017

Cara Membuat Android Support USB OTG

Cara Membuat Android Support USB OTG

Hai readers, artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat android support USB OTG. Jadi setelah sebelumnya kita membahas mengenai apa yang dimaksud dengan USB OTG, jenis-jenis USB OTG, dan bahkan membahas mengenai harga USB OTG. 

Sekarang saatnya membahas mengenai cara membuat android support USB OTG. Oke, langsung saja kita bahas ya. Jadi cara membuat android support USB OTG dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu tanpa root dan dengan root. Berikut ulasan mengenai keduanya

Cara support USB OTG tanpa / dengan Root


1. Cara Membuat Android Support USB OTG Tanpa Root


Cara Pertama

Jika smartphone kalian belum di root atau tidak ingin di root namun membutuhkan fasilitas USB OTG maka kamu dapat menggunakan langkah-langkah ini: 

  1. Install terlebih dahulu aplikasi USB OTG Helper yang bias anda dapatkan secara gratis di Google Play Store. 
  2. Selanjutnya install aplikasi Es File Explorer yang bisa didapatkan secara gratis di Play Store. Aplikasi ini wajib kamu install jika perangkat eksternal yang ingin dihubungkan berupa perangkat penyimpanan seperti flashdisk, hardisk dan sebagainya. 
  3. Setelah itu hubungkan kabel OTG ke Androidmu yang telah telah disambungkan juga pada perangkat eksternal. 
  4. Lalu akan muncul pemberitahuan “USB Storage has been Connected” 
  5. Jika kamu mengoneksikannya pada perangkat penyimpanan, maka selanjutnya kamu bisa membuka aplikasi Es File Explorer yang telah di install tadi kemudian masuk ke pilihan “Lokal” dan pilih “USB Drive A” maka kamu bisa melihat seluruh file yang tersimpan pada flashdisk atau hardisk kamu disini. 
  6. Jika yang kamu hubungkan bukanlah perangkat penyimpanan, melainkan perangkat eksternal lainnya seperti keyboar, mouse, joystick dan lain-lain biasanya akan mengalami kegagalan yang ditandai dengan tidak munculnya notifikasi pada status bar. 
  7. Untuk penyelesaiannya kamu bisa download dan install aplikasi Stickmount pada Google Play Store secara gratis. 
  8. Kemudian buka aplikasi lalu pilih opsi “Mount” dengan diiringi kabel OTG yang colokkan ke smartphone. kamu sudah dapat memulai menggunakan perangkat eksternal tersebut bila notif pada status bar muncul 

Cara Kedua

Jika kamu mengalami kegagalan pada cara pertama, maka kamu dapat mencoba menggunakan cara kedua seperti berikut: 
  1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstall aplikasi USB OTG Helper yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store secara gratis. 
  2. Setelah itu hubungkan Android kamu dengan USB OTG yang sudah tersambung dengan perangkat eksternal yang anda perlukan. 
  3. Kemudian buka opsi Root Explore, lalu cari file usbid_init.sh yang terdapat pada salah satu folder (root/system/bin/disini). File ini dapat digunakan untuk mengaktifkan mode OTG. 
  4. Jika sudah menemukan file sh, klik file tersebut lalu pilih opsi “Execute”. 
  5. Selanjutnya kamu akan muncul notifikasi USB OTG Helper lalu klik OK dan kamu akan diarahkan untuk masuk ke dalam aplikasinya. 
  6. Jika kamu tidak menemukan file-nya, maka kamu dapat membuat file tersebut dengan langkah seperti dibawah ini: 
  • Ketika sedang mencari folder pada Root Explore, tetaplah berada didalam salah satu folder (root/system/bin/disini) kemudian klik tanda + pada aplikasi root explore tersebut.
  • Kemudian pilih opsi File, jika suatu notif muncul langsung saja klik Ok
  • Beri nama pada folder tersebut dengan nama usbid_init.sh
  • Selanjutnya cari dan buka lagi folder yang telah dibuat tadi dengan open with text editor
  • lalu copy kode berikut pada file dan saving file tersebut kemudian kembalilah ke langkah 3. 

7. Kemudian buka aplikasi lalu pilih opsi “Mount” dengan diiringi kabel OTG yang colokkan ke smartphone. kamu sudah dapat memulai menggunakan perangkat eksternal tersebut bila notif pada status bar muncul 

Cara Membuat Android Support USB OTG dengan Root


Cara membuat Android support USB OTG dapat dilakukan dengan cara di root. Maka kamu dapat mengikuti cara dibawah ini untuk membuat smartphone Android kamu dapat support USB OTG.

Cara Pertama 

1. Pertama smartphone Android milikmu harus diroot terlebih dahulu.
2. Kemudian install aplikasi USB Host Checker di Google Play Store secara gratis.
3. Selanjutnya buka aplikasi USB Host Checker, maka kamu akan muncul pesan “It appears that USB Host supports is not enabled on this device. A fix attempt can be performed”
4. Pesan ini akan muncul jika aplikasi tidak berhasil menemukan file yang dibutuhkan untuk membuat Android menjadi support OTG.
5. Jika terdapat masalah seperti ini, langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah membuat file bernama hardware.usb.host.xml menggunakan notepad yang ada pada PC atau Laptop anda. Dengan mengisi file dengan sourcecode seperti berikut ini untuk mengaktifkan dukungan usb host: 

?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<permissions>
<feature name="android.hardware.usb.host" />
</permissions> 

6. Lalu save notepad tersebut dengan nama hardware.usb.host.xml tipe filenya harus .xml. Setelah itu kamu simpan file tersebut ke dalam memory Androidmu.
7. Kemudian kembali ke dalam aplikasi USB Host Checker tersebut, lalu klik pada opsi Re-Check. Setelah semua file sudah bertanda ceklist hijau, hal ini meandakan kalau Android kamu sudah support dengan USB OTG. Kamu bisa memulai pemasangan perangkat eksternal yang kamu inginkan ke Androidmu. 

Cara Kedua

Cara lainnya dalam membuat smartphone Android root kamu bisa support USB OTG adalah dengan menggantikan Stock ROM bawaan menjadi Custom ROM yang bisa support USB OTG. Terdapat 2 aplikasi pembantu yang berbeda dalam menggunakan cara ini dan kalian bisa memilih salah satunya.

  1. Langkah pertama, Siapkan Kernel Boot yang support USB OTG 
  2. Langkah kedua, ROM yang terpasang telah rooted dan terpasang busybox pada folder. 
  3. Selanjutnya pastikan ROM telah memiliki permission untuk dijadikan USB Host, dengan cara mengeceknya menggunakan USB Host Check 
  4. Setelah itu kamu bisa menggunakan aplikasi Tasker maupun aplikasi Q5 USB Memory Manager.

Nah bagaimana apakah sudah jelaskah kalian dengan apa yang kami sampaikan tentang Cara Membuat Android Support USB OTG?? Semoga hal ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin menggunakan tips dari kami ini.

Related Posts

Cara Membuat Android Support USB OTG
4/ 5
Oleh