Senin, 06 November 2017

CARA MEMILIH KABEL USB OTG

Sebelum membahas menganai cara memilih kabel USB OTG, alangkah lebih baiknya kita bahas terlebih dahulu beberapa bentuk USB OTG yang dapat kita temui di pasaran.

Beberapa Bentuk USB OTG


Selain melalui software, untuk membuat smartphone yang kita miliki menjadi support USB OTG pun kita harus memperhatikan konektor yang kita pilih. Karena setiap smartphone memiliki jenis konektor yang berbeda-beda dan USB OTG pun memiliki beragam bentuk. Diantaranya yaitu:

1. Mini USB OTG


Mini USB OTG
Mini USB OTG

Pada Mini USB OTG memiliki Konektor dengan pangkal yang paling standar dan paling umum yang biasanya terdapat pada perangkat eksternal besar ataupun smartphone dan pada tablet versi lama. Mini USB OTG ini berupa kabel dengan panjang 10 cm dengan satu kepala konektor kedua ujungnya.

2. Micro USB OTG


Micro USB OTG
Micro USB OTG

Konektor micro USB OTG sama seperti mini USB OTG yaitu berupa kabel dengan panjang 10cm, perbedaannya hanya terletak pada pangkal konektor yang akan disambungkan ke smartphone. Micro USB OTG memiliki kepala konektor yang lebih kecil dan slim seperti yang digunakan smartphone-smartphone terbaru saat ini.

3. Mini USB OTG L


Jika pada Mini USB OTG biasa kita akan menjumpai pangkal konektor yang berbentuk lurus seperti pangkal konektor pada umumnya di charger smartphone. Konektor ini biasa digunakan untuk tablet versi terbaru. Kelebihannya adalah dengan konektor jenis ini akan dirasa lebih stabil dari guncangan, sehingga akan meminimalisir resiko terlepas atau tidak koneknya sambungan perangkat eksternal karena terjadinya guncangan atau tersenggolnya konektor. 
Mini USB OTG L
Mini USB OTG L

Mini USB OTG L memiliki ciri yang berbeda, yang membedakan USB OTG dengan USB yang lain adalah USB OTG L memiliki sebuah pangkal konektor dengan bentuk melengkung berbentuk huruf L. 

4. USB Power Hub


USB Power Hub juga merupakan konektor yang masih berupa kabel. Bedanya pada power hub, kabel konektor yang tersambung tidak hanya satu cabang saja. USB Power Hub memiliki beberapa kepala konektor yang sejenis ataupun beragam jenis sesuai dengan kita butuhkan. 

USB Power Hub
USB Power Hub

USB Power Hub biasanya digunakan untuk keperluan penyambungan OTG dengan beragam perangkat seperti menyambung hardisk, mouse, dan keyboard sekaligus pada smartphone anda.

5. USB Adapter Nirkabel


USB Adapter Nirkabel merupakan konektor OTG yang paling simple saat ini. Pasalnya konektor ini tidak berupa kabel yang terkadang dinilai tidak praktis oleh sebagian orang, terutama yang senang membawa USB OTG kemanapun. Saat anda menggunakan USB Adapter Nirkabel ini, anda hanya perlu memasang port konektor kecil berbentuk persegi yang menempel langsung pada konektor smartphone anda.
USB Adapter Nirkabel
USB Adapter Nirkabel

Itulah beberapa bentuk dari USB OTG yang biasanya dapat kita temui di pasar pada saat ini. Apakah anda sudah dapat memutuskan untuk membeli kabel USB OTG dengan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan anda? Tapi, sebelum membeli alangkah baiknya baca !!

Tips  memilih kabel USB yang bagus


1. Lihat kemasan


Saat membeli USB OTG yang bagus, lihatlah kemasan nya terlebih dahulu dan cek keterangan yang tertera. Pastikan kepala USB OTG nya sesuai dengan Port diperangkat yang kamu puny karena port pada android dan iphone itu berbeda. 

2. Bahan kabel


Ini penting. Belilah kabel USB OTG yang memiliki bahan berkualitas. Pastikan bahan tersebut tidak mudah sobek, gampang putus dan anti interference.

3. Fungsional


Jika kamu butuh kabel USB jenis pertama maupun kedua cari yang fungsional. Misalnya jika beli kabel USB jenis kedua, cari yang bisa mempercepat proses charging, mudah untuk sinkronisasi dan cepat saat digunakan transfer data.

Cara Merawat Kabel USB OTG agar Awet


Setelah anda membeli kabel USB OTG langkah selanjutnya yang perlu anda perhatikan dan anda ketahui adalah bagaimana cara merawat kabel Y+USB OTG agar awet dan tidak gampang rusak. Berikut ini beberapa cara merawat kabel USB agar awet dan tidak gampang rusak, diantaranya adalah:

1. Gunakan dengan hati-hati


Hal terpenting yang perlu anda perhatikan adalah jangan terburu-buru atau gegabah menggunakan barang, termasuk juga kabel USB OTG. Jangan biarkan kabel USB tergeletak dan simpan ditempat yang seharusnya. Terkadang, kabel USB suka dibiarkan hingga tidak sadar diduduki, terinjak bahkan tertindih karena dibiarkan tergeletak di kasur.

2. Melepas USB OTG yang benar


Selesai transfer data atau kegunaan lainnya jangan selalu melepas nya dengan menarik dari kabel. Melepas kabel USB OTG dari port USB atau dari port smartphone dengan menarik kabel secara langsung bisa membuat kabel bagian dalam rusak dan putus. Cabut atau tarik bagian kepala USB OTG itu yang benar.

3. Jangan menggulung kabel USB OTG


Pastikan bahwa kabel jangan digulung hingga menekuk dan membentuk sudut mati. Tembaga yang ada dalam kabel USB akan melengkung dan tidak bisa menghantarkan listrik secara optimal lagi. Rapikan kabel dengan membentuk sudut sekitar 45-60 derajat. Jika bingung, bentuk melingkar atau disegitigakan. Akan fatal sekali jika kabel digulung, apalagi diikat. 3-4 bulan harus beli kabel USB baru jika begitu.

4. Gunakan pelindung


Agar tidak gampang putus dan aman, pakai pelindung kabel USB OTG yang sedang populer sekarang. Entah berbentuk sprial atau per, kamu bisa pasang langsung ke kabel.jika mau hemat, bisa buat pelindung kabel USB dari per pulpen yang sudah tidak terpakai.

Itu dia cara memilih kabel USB OTG yang bagus dan cara merawat kabel USB OTG yang benar agar tidak mudah rusak lagi. Kamu bisa langsung praktekan dandi jadikan kebiasaan. Karena lebih baik merawat daripada harus beli lagi.

Related Posts

CARA MEMILIH KABEL USB OTG
4/ 5
Oleh